Simpul-simpul dalam mendirikan Tenda Pramuka

Ketika menjadi seorang rimbawan kegiatan di dalam hutan adalah aktivitas yang paling sering dilakukan. Anda akan memerlukan lebih banyak waktu untuk berada di hutan. Banyak aktifitas yang akan dilakukan selama menjadi rimbawan salah satunya tidur ketika malam hari dan beristirahat menyiapkan tenaga untuk keesokkan harinya.
Untuk tetap aman dan nyaman dari serangan binatang buas kita harus bisa menentukan dan mencari tempat yang tepat untuk mendirikan tenda. Untuk membuat tenda di hutan kita bisa mencontoh kegiatan pramuka, layaknya seperti kemah, cara bikin tenda juga bisa kita ikuti dari ilmu yang diberikan ketika kita pramuka dulu. Agar tidak asal-asalan dan bias bikin tenda yang aman dan nyaman berikut ini tutorialnya:

Langkah Pertama Cara Bikin Tenda

Langkah Pertama Cara Bikin Tenda
ensiklopediapramuka.com
Carilah tempat permukaan tanah yang rata kemudian sesuaikan dengan ukuran tenda yang ingin kita

 bikin. Setelah itu letakkanlah tenda itu tepat di atas tanah yang rata dengan bagian belakang ada dibagianatas. Pasang setiap bagian tiang di depan, belakang, samping-samping dan pintu depan tenda. Kemudian tancapkan dua buah penanda (kayu atau benda keras lainnya) tepat di tengah bagian tenda setelah itu lipat tenda.

Langkah Kedua Cara Bikin Tenda

 

ensiklopediapramuka.com
Ketika anda membawa banyak kawan, suruhlah empat orang yang membuat tenda. Ilustrasi seperti di gambar. A dan B tugasnya cukup mudah, Cuma mendirikan sekaligus mengangkat tiang tenda tersebut. Dua orang lainnya C dan D menarik setiap tali yang sudah disiapkan.

Langkah Ketiga Cara Bikin Tenda

 

ensiklopediapramuka.com
Dua orang lainnya si C dan D setelah langkah kedua dilakukan, segeralah tarik tali kemudian ikatkan pada patoh yang sudah disiapkan pada awal tadi. Sebaiknya ikatlah terlebih dulu tali dikedua sudut bagian kiri atau kanan, kemudian dilanjut pada bagian pintu tenda dibagian depan dan belakang. Kencangkan tali dengan menarik dan ikatlah dengan kuat, gunakan simpul yang kuat.

Langkah Keempat Cara Bikin Tenda

 

ensiklopediapramuka.com
Sekarang anda ikatlah tali-tali dinding tenda pada setiap tancapkan kayu yang sudah dibuat. Kemudian tarik sekuat-kuatnya agar berdiri kokoh. Ikatlah dengan kuat dan benar yang rapi agar enak dilihat.
Kontur tanah di Indonesia memang tidak menentu, ketika membuat atau bikin tenda di tanah yang tergolong mudah cara di atas sudah cukup efektif dan benar. Tetapi sebaliknya jika tanah wilayah tempat kita mendirikan tenda itu memiliki kontur tanah berbatu, bergambut ataupun berpasir tentu sangat sudah untuk menancapkan pasak atau patoknya.

Tags